Archive for the ‘Komik Strip’ Category

Real Masjid - Komik Strip Religi dan PekertiReal Masjid – Komik Strip Religi dan Pekerti by @tonytrax

My rating: 4 of 5 stars

Paperback, 128 pages
Published August 2011 by PT Gramedia (m&c!)
ISBN: 139786022102229
edition language: Indonesian
original title: Real Masjid

Komik ini aku beli pas bulan syawal tahun 2011. Karena bulan ramadhan, semua buku islami diskonnya plus-plus.

Dan baru sekarang aku mencoba menuliskan review nya.

Overall, komik ini sangat kocak. Dari segi ilustrasinya, gambar karakternya cukup ekspresif dengan goresan yang santai cuek dan cukup Indonesia.

Komik ini merupakan kumpulan komik strip tentang religi dan pekerti. Lebih banyak berisi ironi tentang kekonyolan dalam beribadah yang sangat sering terjadi di masyarakat. Begitu konyolnya hingga ketika kita tertawa sambil merenung, tidak jarang kita akan menertawai diri sendiri.

Inilah komik paling konyol sekaligus paling religius yang pantas anda baca.

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda 10Mafalda 10 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url: http://www.bookoopedia.com/id/book/id-35585/mafalda-jilid-10.html

Di seri 10 yang nampaknya bakal jadi seri penutup ini, Mafalda (untungnya) masih tetap sebagai anak-anak yang lucu dan kritis. Dengan teman-teman yang masih saja anak-anak namun merupakan perwakilan dari sifat-sifat manusia yang pas banget untuk mengkritik kondisi sosial ekonomi serta politik suatu negara.

Lengkap sudah koleksi Mafalda 1-10. Lengkap juga review yang aku buat untuk seluruh serinya. Tapi sedih juga kalau Mafalda harus berakhir di seri ke-10 ini. Ayo Quino, hidupkan lagi Mafalda.

Sampel strip:

-Mafalda: Yang tragis dari presiden itu adalah karena sibuk nyelesein masalah negeri ini ini, dia jadi nggak punya waktu buat memerintah.

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda 9Mafalda 9 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url: http://www.bookoopedia.com/id/book/id-51943/mafalda-ix.html

Setiap edisi menyajikan lelucon-lelucon ironi yang selalu baru. Selain itu leluconnya juga tidak pernah ketinggalan jaman sekalipun komik strip ini dibuat sekitar tahun 63-74.

Tidak terasa sudah edisi ke-9. Itu artinya 1 edisi lagi menuju edisi terakhir. Sedih juga. Aku berharap Quino tidak pernah berhenti menghidupkan Mafalda.

Sampel strip:

-Mafalda: Papa lagi ngapain?

-Papa: Ngisep rokok! Kenapa?

-Mafalda: Nggaaaak.

-Mafalda: Menrutku, rokoklah yang lagi ngisep papa, tapi terserah papa, sih.

———————————————————————-

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda  8Mafalda 8 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url: http://www.bookoopedia.com/id/book/id-51769/mafalda-viii.html

Sampai edisi ke-8 pun masih tetap setia. Selalu saja ada lelucon yang baru dan sangat original dari Mafalda dan teman-temannya.

Tapi sayang, tidak ada penambahan tokoh baru di edisi ini

Strip favorit:

-Guillermo: Kalau main catul, dua-duanya biza menang?

-Mafalda dan Felipe: Nggak, yang menang satu orang aja!

-Guillermo: Telus ngapain yang zatu lagi ikut main?

—————————————————–

-Susanita: Aku? Berprasangka?

-Susanita: Huh! Itu menurutmu aja kaleeee!

-Susanita: Emang kapan aku pernah ngejelek-jelekin orang-orang negro kotor itu? Eh kapan? Kapan? Kasih contoh! Kapan? Eh?

—————————————————–

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda 7Mafalda 7 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url:  http://www.bookoopedia.com/id/book/id-51354/mafalda-vii.html

Wah, ga kerasa uda nyampai seri 7.

Di seri ini ada 2 tokoh baru yang masuk. Kebetulan 2 tokoh ini adalah suatu bentuk ironi atau sebuah kritikan. Bagaimana tidak? Tokoh baru itu adalah:

-“Libertad” yang digambarkan sebagai sosok anak-anak yang sangat kecil semacam miniatur dan

-“Birokrasi” yang merupakan nama dari kura-kura Mafalda

sampel strip:

-Miguelito: Aku nggak tau aku mau jadi apa kalau udah gede.

-Miguelito: Yang aku tau, aku nggak akan jadi kayak kebnyakan orang! Yup!

-Mafalda: [Tambah lagi deh jumlah orang yang nggak pengin jadi kebanyakan orang]

——————————————————————

-Guillermo: Main, yug!

-Mafalda: Nggak bisa, Guille. Aku mesti ngerjain PR.

-Guillermo: Maaaa! Mafadda ebih cayang cama Pe-El dalipada cama aku!

-Maafalda: Bukan gitu, Guille. Aduh, Kamu nggak ngerti, sih. Aku lebih sayang sama kamu. Tapi kalau aku nggak ngerjain PR, besok aku bakal dimarahin guru. Ngerti?

-Guillermo: Ah!

-Guillermo: Maaaaaaaaa! Mafadda ebih cayang cama dilinya cendili dalipada cama aku!

——————————————————————

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda 6Mafalda 6 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url: http://www.bookoopedia.com/id/book/id-51047/mafalda-vi.html

Guillermo sudah bisa bicara kawan. Sudah mendapatkan peran yang signifikan juga di sini maka bacalah seri ke-6 Mafalda yang makin kocak ini.

Lihatlah kenakalan konyol Guillermo yang sangat khas anak-anak. Respon-respon cerdiknya juga aku jamin bakal memicu syaraf tawa anda.

-Mama: Guille!! coba lihat! Reemah-remahnya mengotori lantai kan?!

-Guillermo: Mama jadi dak cayang lagi cama aku?

-Mama: kalau bikin kotor, mama jadi nggak sayang lagi

-Guillermo: Belalti cayangnya mama cetek banget! Mama cimpen buat mama cendili aja! Cana!

—————————————————————–

Susanita berjalan sambil memegang beberapa kuntum bunga. Ketika bertemu dengan Manolito, bunga itu ditaruhnya di kepala Manolito.

-Susanita: Ini untuk kecerdasanmu, Manolito. Rasanya sedih banget ngeliat nisan yang nggak dikasih bunga

—————————————————————-

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda 5Mafalda 5 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url: http://www.bookoopedia.com/id/book/id-50615/mafalda-v.html

Waaa,,sudah sampai ke-5

Apa yang baru?

Guillermo sudah bisa bisa duduk, merangkak dan belajar berdiri. Nampaknya dia sudah mendapatkan peran di sini. Dan lihatlah, lucunya bukan main.

Ini kutipan-kutipan strip yang ada di seri-5:

-Miguelito: buat apa aku pengn jadi dewasa waktu aku udah dewasa?? Aku mau jadi dewasa se-ka-rang!!!

————————————————————-

-Miguelito: Subjek! Predikat! Haaaaah… Meski bu guru udah menjelaskan berkali-kali, aku tetap nggak ngerti-ngerti! Percuma Mafalda!

-Mafalda: Jangan gitu, Miguelito! Subjek dan predikat ga sulit-sulit amat, kok! Em misalnya, kalau aku bilang “Sampah mengotori jalan”,subjeknya yang mana?

-Miguelito: Walikota?

————————————————————–

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda 4Mafalda 4 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url: http://www.bookoopedia.com/id/book/id-50617/mafalda-iv.html

Habis tiga terbitlah empat.

Sumpah aku jadi makin jatuh cinta sama Mafalda cs. Biarpun settingnya Argentina tahun 60-70an tapi tetap saja relevan dengan kondisi di negara kita. Apakah perkembangan negara kita begitu lambatkah?

Lagi-lagi Quino menyajikan komik strip Mafalda yang seolah tidak habis-habisnya mengkritisi masalah politik, sosial dan kemanusiaan. Lewat tokoh Mafalda yang sangat kritis hingga tak jarang membuat orang tuanya kebingungan untuk menjawab atau menghadapi polah tingkah Mafalda yang cukup kritis itu.

Ada yang baru dalam kumpulan komik strip Mafalda yang ke-4 ini. Yaitu lahirnya tokoh baru yang secara harfiah memang baru dilahirkan. Siapa lagi kalau bukan adik Mafalada: Guillermo

Aku berikan kutipan strip di seri 4 ini:

-Miguelito: Mafalda, emang bener ya di planet lain ada makhluk yang lebih cerdas dari kita?

-Mafalda: bisa jadi, Miguelito

-Miguelito: menurut perkiraan para ahli makhluk-makhluk itu nggak bisa hidup di planet manapun yang letaknya dekat dengan bumi.

-Mafalda: Jelas enggak. Kalau mereka memang pintar, mereka nggak akan mau!

——————————————————————————————————————————————

-Manolito: james bond agen rahasia Inggris dengan kode nol nol tujuh!

-Manolito: Agen-agen rahasia lain juga punya kode nol nol ini atau nol nol itu

-Manolito: jadi tiap lihat raporku… aku jadi merasa kayak agen rahasia juga!

—————————————————————————————————————————————

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda 3Mafalda 3 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url: http://www.bookoopedia.com/id/book/id-50336/mafalda-iii.html

Sudah punya Mafalda seri 1 dan 2, wajib juga untuk punya yang ke-3

Buat yang belum tau Mafalda, aku kopi pastekan sedikit perkenalan yang sudah aku tulis di review Mafalda 1:

Komik ini adalah kumpulan komik strip Mafalda yang pernah dimuat di beberapa majalah dan koran sekitar tahun 1964-73. Mafalada adalah tokoh kartun ciptaan kartunis Argentina karya Joaquin Salvador Lavado (Quino) paling fenomenal dan terkenal secara internasional.

Apa yang mau aku tulis di review seri ke-3 ini?

Setelah membaca 3 seri, tiap karakter ternyata memiliki sifat ciri khas yang sangat kuat. Misalnya Mafalda yang sangat benci pada sup; Felipe yang mengidolakan Lone Ranger dan juga paling malas untuk sekolah; si Borjuis Susanita yang cita-citanya hanya ingin menikah dan punya anak; dan Manolito si kapitalis yang selalu mencari celah untuk bisa mempromosikan tokonya.

Dengan kepolosan celotehan anak-anak, Mafalda dan teman-temannya mampu mengkritik ketimpangan di masyarakat.

Sampel strip:

-Susanita: Nggak papa kan Felipe kalau aku tanya berapa gaji papamu?

-Felipe: Nggak masalah!

-Felipe: Aku nggak keberatan kok kamu tanya itu.

-Susanita: Berapa gajinya?

-Felipe: Aku juga nggak keberatan untuk nggak menjawab pertanyaanmu.

—————————————————————————————————————————————-

-Mafalda: Pa, waktu papa kecil, papa paling suka acara TV apa?

-Papa: Waktu papa kecil belum ada TV, Mafalda

-Mafalda: Apaaa?

-Mafalda: Ya ampun! Kalau gitu buat apa jadi anak-anak? Kasihan banget, sih!

—————————————————————————————————————————————–

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Mafalda 2Mafalda 2 by Quino

My rating: 5 of 5 stars

url: http://www.bookoopedia.com/id/book/id-50066/mafalda-ii.html

Setelah selesai membaca Mafalda 1, tampaknya aku mulai ketagihan sama kisah-kisah anak-anak cerdas dan kritis terhadap ketimpangan sosial dan politik ini.

Mari kita review seri ke-2 nya.

Aku kopi pastekan dulu sedikit review yang aku tulis di Mafalda 1 sebagai perkenalan (lebih lengkapnya silakan buka review Maflada 1):

Komik ini adalah kumpulan komik strip Mafalda yang pernah dimuat di beberapa majalah dan koran sekitar tahun 1964-73. Mafalada adalah tokoh kartun ciptaan kartunis Argentina karya Joaquin Salvador Lavado (Quino) paling fenomenal dan terkenal secara internasional.

Di review Mafalda yang ke-2 ini aku akan memperkenalkan teman-teman Mafalda yang lucu-lucu itu. Mereka adalah: Felipe, Manolito, Susanita dan Miguelito.

Jika Mafalda adalah gambaran kaum kelas menengah yang kritis, maka tokoh Manolito adalah gambaran kaum kapitalis. Sedangkan Susanita adalah gambaran kaum borjuis.

Membaca Mafalda memang candu bagi orang-orang yang kritis terhadap ketimpangan pemerintahan.

Sampel strip:

-Papa: Mafalda, tolong lihat koran yang ada di situ. Koran hari ini atau koran lama?

-Mafalda: 27 November.

-Mafalda: “Soviet menolak tawaran Amerika Serikat.”

-Mafalda: Dua-duanya, Pa.

—————————————————————————————————————————-

-Mafalda: Aku ngak paham deh soal gigi susu

-Mafalda: Memangnya gigi susu itu nggak bagus ya jadi mesti diganti

-Mafalda: Aku nggak suka kalau aku mesti mengganti sesuatu yang masih berguna!! lagian…

-Mafalda: Menghambur-hamburkan gigi bukanlah hal yang baik

————————————————————————————————————————–

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html