[Review Buku] Ayahku (Bukan) Pembohong

Posted: Februari 1, 2012 in Novel, Review Buku
Tag:,

Ayahku (Bukan) PembohongAyahku (Bukan) Pembohong by Tere Liye

My rating: 3 of 5 stars

detail info:
Paperback, 304 pages
Published April 2011 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN13: 9789792269055
edition language: Indonesian
original title: Ayahku (Bukan) Pembohong

Novel ini mengisahkan tentang seorang anak yang bernama Dam yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng oleh ayahnya. Ayahnya memang suka sekali menceritakan dongeng dan mengaku bahwa dirinya juga terlibat dalam cerita menakjubkan itu. Lewat dongeng-dongeng itu, sang ayah mengajarkan tentang kesederhanaan hidup, kebahagian dan kasih sayang. Dam yang lambat laun mulai tumbuh dewasa mulai bepikir bahwa dongeng-dongeng itu tidak masuk akal dan hanyalah karangan serta kebohongan ayahnya saja. Dan pada suatu waktu, dam sudah tidak lagi percaya dengan apa yang diceritakan ayahnya.

Kebencian terhadap ayahnya memuncak ketika Dam sudah berkeluarga dan memiliki dua anak. Ketika itu ayahnya tinggal serumah dengan mereka. Ayahnya mulai gemar menceritakan kebohongan-kebohongan itu pada kedua anaknya. Sama seperti dongeng-dongeng yang diceritakan padanya dulu.

Tujuan sang ayah menceritakan semua itu sebenarnya adalah pekajaran untuk anak-anaknya mengenai definisi kebahagian, membesarkan anak-anak dengan sederhana dan bagaimana mencintai keluarga. Novel ini menggugah hati dan ada sedikit kisah haru di dalamnya.

Dari segi alur cerita, nampaknya akan sedikit membosankan di awal karena akan berkutat pada kisah-kisah dongeng yang diceritakan ayahnya. Dan jujur saja, perasaan benci Dam terhadap kisah-kisah berlebihan ayahnya itu juga aku rasakan. Tokoh sang ayah nampaknya memang diciptakan dengan sifat suka berkhayal yang berlebihan dan tidak memikirkan sebab akibat dari yang diceritakannya itu. Lebih parahnya lagi, dia akan marah ketika kebenarannya disangsikan tanpa penjelasan yang masuk akal.

Tapi Tere Liye telah menyuruh kita untuk membaca novel ini dengan hati lapang. Yang artinya betapapun kita juga merasakan apa yang dirasakan Dam, akan ada jawaban dari segalanya di akhir cerita.

Lomba Estafet Review Buku” http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s